Selasa, 12 April 2016

Menentukan fokus dalam penelitian kualitatif



     Fokus Penelitian dalam Penelitian Kualitatif
Dalam mempertajam penelitian, Spradley menyatakan bahwa “a focused refer to a single cultural domain or a few related domains”, maksudnya adalah focus merupakan domain tunggal atau beberapa domain yang terkait dari situasi sosial. Dalam penelitian kualitatif, penentuan fokus dalam proposal lebih didasarkan pada tingkat kebaruan informasi yang akan diperoleh dari lapangan. Kebaruan informasi ini bisa berupa upaya untuk memahami secara lebih luas situasi lapangan dalam lembaga pendidikan, juga untuk menghasilkan hipotesis atau ilmu baru dari situasi di lapangan yang diteliti.
Fokus penelitian kualitatif diperoleh setelah peneliti melakukan grand tor observation dan grand tour question atau disebut dengan penjelajah umum. Dari penjelajahan umum ini peneliti akan memperoleh gambaran umum menyeluruh yang pasih pada tahap permukaan tentang situasi di lapangan. Untuk dapat memahami secara  lebih lias dan mendalam, maka diperlukan pemilihan fokus penelitian.[1]
     Spradley dalam Sanapiah Faisal dalam Prof.Dr.Sugiono mengemukakan empat alternatif untuk menentukan fokus yaitu:[2]
1.      Menetapkan fokus pada permasalahan yang disarankan oleh informan. Informan dalam lembaga pedidikan bisa kepala sekolah, guru, orang tua murid, murid, pakar pendidikan dan sebagainya.
2.      Menetapkan fokus berdasarkan domain-domain tertentu. Domain pendidikan bisa berupa kurikulum. Proses belajar mengajar, sarana prasarana, tenaga pendidikan dan kependidikan, menejemen, pembiayaan, sistem evaluasi dan sebagainya.
3.      Menetapkan fokus yang memiliki nilai temuan untuk pengembangan IPTEK. Temuan berarti sebelumnya belum pernah ada. Temuan dalam pendidikan misalnya menemukan metode mengajar sejarah peradaban islam yang mudah dipahami dan menyenangkan.
4.      Menetapkan fokus berdasarkan permasalahan yang terkait dengan teori-teori yang telah ada. Penelitian ini bersifat pengembangan, yaitu melengkapi dan memperluas teori yang telah ada.


[1] Sugiyono,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung: ALFABETA, 2013), cet.XVI, h.286-288.
 [2]Ibid,h.288. 

1 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus